Sabtu, 29 Mei 2010

Tugas Individu Ke 5 Bahasa Indonesia 2

NAMA : AGUS SURONO TUGAS : RESENSI DARI REFERENSI BUKU
KELAS : 3EA03 M. KULIAH : BAHASA INDONESIA 2

1. Sinopsisnya:
Sebagaimana telah dilaporkan ke Bapepam dengan surat tertanggal 26 Juni 2009 perihal Notice of Change in Share Ownership in PT Bank Central Asia Tbk, FarIndo telah menjual saham PT Bank Central Asia Tbk ("BCA") sejumlah 986.030.000 lembar dan penyelesaian keseluruhan transaksi terjadi pada tanggal 7 Juli 2009, sehingga dengan demikian per 7 Juli 2009 komposisi kepemilikan saham FarIndo di BCA menjadi 47,15%.
Judul & Tahun Penerbit:
Kepemilikan Saham BCA (Bank Central Asia). Diterbitkan pada 2 Oktober 2009 oleh Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas.

2. Sinopsisnya:
Pada kuartal I-2009 BCA berhasil membukukan kinerja keuangan yang baik. Laba bersih naik 41,8% menjadi Rp1,63 triliun dari periode yang sama tahun lalu yang cuma Rp1,15 triliun. Sayangnya, kenaikan laba ini juga diikuti dengan kenaikan rasio kredit bermasalah (NPL) menjadi 1,6%. Selain itu, total kredit yang dikucurkan turun Rp5,5 triliun menjadi Rp107,27 triliun pada kuartal I-2009. "Adapun penurunan kredit lebih karena faktor siklikal, karena pada awal tahun banyak emiten yang melunasi kredit," tutur Djohan Emir Setijoso, direktur utama PT Bank Central Asia Tbk., seperti yang dikutip dari majalah Warta Ekonomi.
Judul & Tahun Penerbit:
Tulisan ini dikutip dari majalah Warta Ekonomi edisi 10/XXI/2009, 18-31 Mei 2009. Halaman 45. Judul asli tulisan ini adalah “Jatuh Bangun Mengejar Keabadian dalam membangun kinerja perusahaan.”

3. Sinopsisnya:
Perkembangan dunia bisnis yang semakin cepat menuntut pengelolaan perusahaan yang lebih baik. Keuangan perusahaan merupakan aspek yang sangat penting untuk kemajuan suatu usaha, sebab kebanyakan kasus kebangkrutan suatu usaha bermula dari buruknya pengelolaan keuangan.

Buku ini memberikan pengetahuan bagaimana mengelola keuangan perusahaan bagi manajemen. Buku ini juga memberi pandangan bagi investor dan komisaris untuk menilai pengelolaan keuangan perusahaan dengan menggunakan informasi laporan keuangan.

Pembahasan dalam buku ini meliputi:
• Mengapa Harus Membuat Laporan Keuangan?
• Komponen Laporan Keuangan
• Audit Laporan Keuangan
• Analisis Laporan Keuangan untuk Mengevaluasi Kinerja Perusahaan
• Aplikasi Analisis Laporan Keuangan
• Analisis dan Laporan Arus Kas
• Prediksi Kebangkrutan Perusahaan
• Penilaian Perusahaan
Judul & Tahun Penerbit:
“Pedoman Praktis Memahami Laporan Keuangan”. Diterbitkan pada Januari 2009 oleh Andi Publisher dari Dinamikae Bookstore.

Jumat, 07 Mei 2010

Tugas Individu Ke 4 B.Indonesia 2

ANALISA LAPORAN KEUANGAN
UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PADA BANK BCA
CABANG CIMANGGIS
PROPOSAL B.INDONESIA 2

DISUSUN OLEH
AGUS SURONO
10207062
3EA03
2010


KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan hidayahnya, proposal B.Indonesia ini dapat kami selesaikan dengan baik. Proposal ini kami susun dengan tujuan membantu siapa saja yang ingin mempelajari tentang analisis laporan keuangan untuk menilai kinerja keuangan bank BCA cabang cimanggis, terutama bagi para mahasiswa/i yang ingin mempelajari / mengetahui laporan keuangan tersebut.

Dimana, untuk meningkatkan pembelajaran kita dalam memperbanyak pengetahuan mengenai keuangan di negeri Indonesia. Sebagai contoh kita harus meneliti karya ilmiah analisis laporan keuangan untuk menilai kinerja keuangan bank BCA cabang cimanggis.

Dalam kesempatan ini, penyusun ingin mengucapkan terima kasih kepada Rektor Universitas Gunadarma, Dekan Fakultas Ekonomi, Ketua Jurusan Manajemen, Pembimbing dan Perusahaan bank BCA Cabang Cimanggis yang telah memberikan bantuan dalam pengarahan untuk penyusunan penulisan ilmiah ini.

Akhir kata, penyusun menyadari masih banyak terjadi kekurangan dalam menyusun penulisan ilmiah ini. Oleh karena itu kami memohon kritik dan saran yang bersifat konstruktif demi perbaikkan dalam penyusunan karya ilmiah ini. Semoga penulisan ini dapat membantu semua pihak yang membacanya.





Depok, 4 April 2010



AGUS SURONO



BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang Masalah

Dalam penulisan ilmiah ini saya mengambil tema mengenai perbankan. Dimana bank merupakan perusahaan dalam bidang jasa karena produk yang ditawarkan hanya memberikan pelayanan jasa kepada masyarakat. Dalam operasionalnya sehari-hari, bank tidak terlepas dari pengaruh naik turunnya nilai mata uang asing terutama dollar AS, karena selain melakukan transaksi rupiah bank juga melakukan transaksi Valas. Krisis moneter yang melanda Indonesia sejak pertengahan tahun 1997 menyebabkan kondisi keuangan dan sektor riil semakin terpuruk, salah satunya adalah kepercayaan masyarakat luas terhadap sektor perbankan menurun drastis. Banyak kegiatan usaha yang ditutup, bank-bank yang dilikuidasi dan meningkatnya jumlah pengangguran. Pada tahun 1997 pemerintah melakukan likuidasi terhadap sejumlah bank yang sudah tentu berpengaruh negatif terhadap bank-bank yang masih ada.

Perkembangan sektor keuangan dan perbankan nasional melaju sangat pesat sejak adanya Paket Oktober 1988 (Pakto 88). Paket deregulasi yang diluncurkan saat itu mempermudah pendirian suatu bank sehingga mengakibatkan peningkatan jumlah bank dan kantor cabang bank serta peningkatan mobilitas dana dan alokasi kredit. Perbaikan kinerja perekonomian nasional harus dilakukan serentak dengan perbaikan sektor perbankan. Beberapa indikator kinerja perbankan nasional seperti pertumbuhan aset, Dana Pihak Ketiga (DPK), penyaluran kredit, perolehan laba dan permodalan menunjukkan tendensi perbaikan. Pemulihan kinerja di sektor perbankan tersebut menyebabkan kepercayaan masyarakat terhadap perbankan kembali meningkat, fungsi intermediasi perbankan nasional juga terus membaik. Kepercayaan masyarakat terhadap sektor perbankan tersebut memicu bank-bank untuk terus meningkatkan produk-produknya yang ditandai dengan munculnya produk-produk baru dengan berbagai fasilitas-fasilitas yang semakin memudahkan nasabahnya untuk bertransaksi. Kondisi persaingan industri perbankan di Indonesia meningkat tajam dan terjadi persaingan tidak sehat.



Oleh karena itu pihak perbankan dituntut untuk memperbaiki kinerja keuangannya. Bank-bank dituntut untuk meningkatkan kemajuannya secepat mungkin agar tidak tertinggal dari bank lain. Penurunan kinerja bank secara terus-menerus dapat menyebabkan terjadinya Financial Distress yaitu keadaan yang sulit, bahkan dapat dikatakan mendekati kebangkrutan yang apabila tidak segera diselesaikan akan berdampak besar pada bank-bank tersebut dengan kehilangan kepercayaan dari nasabah. Laporan keuangan merupakan hal yang paling mendasar untuk meyakinkan masyarakat tentang kinerja keuangan suatu bank dan kondisi keuangan saat ini.

Dengan laporan keuangan, masyarakat terutama pemegang saham dapat mengetahui posisi keuangan, kinerja keuangan serta perubahan posisi keuangan suatu bank yang digunakan untuk pengambilan keputusan ekonomi. Berdasarkan uraian di atas, penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul “Analisis Laporan Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan Pada PT. Bank Central Asia, Tbk Cabang Cimanggis”.

1.2 Pembatasan dan Perumusan Masalah
1. Pembatasan Masalah
Penelitian ini dilakukan pada PT. Bank Central Asia, Tbk Cabang Cimanggis. Agar penelitian ini tidak terlalu luas, maka penelitian ini hanya dibatasi pada analisis laporan keuangan yang terkait dengan rasio likuiditas dan rasio rentabilitas dalam hubungannya dengan kinerja keuangan bank.

2. Perumusan Masalah
Masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
a. Bagaimana kinerja keuangan PT. Bank Central Asia, Tbk Cabang Cimanggis ditinjau berdasarkan analisis rasio likuiditas dan rasio rentabilitas untuk periode tahun 2004 – 2007 ?
b. Bagaimana perkembangan rentabilitas PT. Bank Central Asia, Tbk Cabang Cimanggis untuk tahun 2004 – 2007 dengan menggunakan analisis trend ?




1.3 Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ditetapkan lebih dahulu agar dalam pelaksanaan nanti dapat dijadikan pedoman guna melangkah selanjutnya. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah :
1. Untuk mengetahui kinerja keuangan PT. Bank Central Asia, Tbk Cabang Cimanggis ditinjau berdasarkan analisis rasio likuiditas dan rasio rentabilitas selama periode 2004 – 2007
2. Untuk mengetahui perkembangan rentabilitas pada PT. Bank Central Asia, Tbk Cabang Cimanggis tahun 2004 - 2007 dengan menggunakan analisis trend.

1.4 Manfaat Penelitian
Adapun manfaat dari penelitian ini adalah :
1. Bagi Penulis dapat menambah wawasan dan pengetahuan mengenai laporan keuangan dalam menilai kinerja keuangan suatu bank dengan membaca literatur-literatur yang ada.
2. Bagi Perusahaan sebagai bahan masukan bagi PT. Bank Central Asia, Tbk Cabang Cimanggis untuk lebih meningkatkan kinerja keuangan agar dapat terus bertahan di era globalisasi.
3. Bagi Pembaca dapat menambah dan memperluas wawasan mengenai analisa laporan keuangan untuk menilai kinerja keuangan perusahaan dalam pengambilan keputusan ekonomi.
4. Sebagai bahan referensi tambahan bagi pihak-pihak lain yang akan meneliti kasus yang sama.

1.5 Metode Penelitian
Metode penelitian yang saya ambil menggunakan metode studi pustaka yang berasal dari buku/ jurnal/ atau mungkin dari internet. Dimana saya mengunakan data sekunder atau mengunakan obyek penelitian dalam melengkapi penulisan ini. Sisanya akan saya jelaskan didalam bab 3 tentang penjelasan metode penelitian.