Jumat, 16 Oktober 2009

Marketing Mix

NAMA : AGUS SURONO MATERI : PRODUK
KELAS / NPM : 3EA03 / 10207062 MATA KULIAH : P. KONSUMEN

ANALISA PRODUK LIFEBUOY

Di dalam produk ini saya mengambil judul tentang menganalisa produk dari Unilever yang bernama Lifebuoy. Lifebuoy adalah salah satu merek tertua, suatu merek yang benar-benar mendunia sebelum istilah merek global diciptakan. Sabun Disinfektan Royal Lifebuoy diluncurkan pada tahun 1894 sebagai suatu produk baru yang terjangkau di Inggris, yang digunakan untuk mendukung orang mendapatkan kebersihan diri yang lebih baik. Segera setelah diluncurkan, sabun Lifebuoy berkelana ke seluruh dunia, menjangkau negara-negara seperti India, Pakistan, Sri Langka dll. Sebagai suatu negara tempat sabun ini masih merupakan merek terkemuka di pasar.

Selain itu Lifebuoy juga bisa menyelamatkan nyawa. Dalam artian, bahwa selama 110 tahun lebih dalam sejarahnya lifebuoy selalu merajai bidang kesehatan melalui kebersihan. Hal yang utama bagi lifebuoy adalah Janji perlindungan dan komitmennya untuk mendukung kehidupan melalui perlindungan yang lebih baik. Lifebuoy merupakan suatu jaminan perlindungan jika anda merasa terancam. Sebagai contoh, kampanye yang dilakukan pada tahun 1930-an di AS diberi judul “Mencuci tangan membantu menjaga kesehatan”, mendorong penggunaan sabun Lifebuoy untuk membunuh kuman di tangan yang dapat menyebabkan timbulnya masalah kesehatan. Kampanye yang sama terus berlanjut hingga saat ini, dengan program pendidikan kebersihan Lifebuoy yang terus berlangsung di negara-negara termasuk India, Bangladesh, Pakistan, Sri Lanka, Indonesia dan Vietnam. (sumber: www.unilever.com pada tanggal 3 Oktober 2009)

Taukah anda?
Lifebuoy selalu memainkan peran di masa-masa krisis dengan cara membantu mencegah penyebaran kuman dan penyakit. Karena secara faktanya lifebuoy sebagai sabun disinfectan yang memberikan perlindungan dan memberikan kesehatan lebih dari 100 tahun. Selain itu lifebuoy juga menjadi pelopor dunia terhadap setiap produknya.

Dalam meningkatkan mutunya, sabun Lifebuoy sejak tahun 2000, telah terjadi perubahan besar pada sabun batangan klasik untuk menjamin agar sabun tersebut memberikan perlindungan kebersihan yang lebih jauh lagi dan pengalaman mencuci yang menyehatkan dan semakin menyenangkan bagi miliaran konsumennya. (sumber: www.unilever.com pada tanggal 3 Oktober 2009)

Disinilah peningkatan mutu yang ditunjukkan sabun lifebuoy, yaitu:
a. Bentuk batu bata merah keras klasik sabun Lifebuoy telah digantikan dengan bentuk Lifebuoy signature yang baru. Bentuk yang baru membuat sabun itu mudah digenggam dan digunakan.
b. Tim Lifebuoy telah mengembangkan suatu formula baru yang memberikan perlindungan lebih baik terhadap kuman dan menimbulkan busa yang kaya pada kulit.
c. Aroma Lifebuoy yang khas seperti obat dan karbol telah digantikan dengan wewangian kesehatan yang lebih menyenangkan dan modern.
d. Lifebuoy telah menjadi lebih dari sekedar sabun batangan berwarna merah – saat ini merek ini memberikan solusi kebersihan dan kesehatan bagi keluarga, termasuk rangkaian sabun batangan, cairan pencuci tangan dan gel pencuci cair.
e. Inovasi Lifebuoy yang paling baru diarahkan kepada keprihatinan utama pada kebersihan dan kesehatan kulit di kalangan remaja ABG dan para pemuda: kulit berminyak dan berjerawat. Lifebuoy Clear Skin adalah sabun batangan yang diformulasikan dengan menggunakan teknologi baru radikal yang sudah terbukti secara klinis mengurangi jerawat yang parah hingga 70% dalam waktu 6 minggu. Dengan pemakaian teratur, dua kali sehari terbukti dapat mencegah dan mengurangi timbulnya kembali jerawat. (sumber: www.unilever.com pada tanggal 3 Oktober 2009)

Setelah dari pembahasan inovasi atau peningkatan mutu dari lifebuoy, saya ingin menjelaskan mengenai fakta utamanya sabun lifebuoy seperti dibawah ini:
a) Saat ini Lifebuoy dijual di Asia dan sebagian wilayah Afrika. Lifebuoy merupakan pemimpin pasar di setiap pasar Asia yang menjual produk sejenis.
b) Pemeriksaan laboratorium membuktikan sabun Lifebuoy memberikan perlindungan 100% yang paling efektif terhadap kuman dibandingkan dengan sabun biasa.
c) Hingga saat ini, 70 juta orang di daerah pedalaman India sudah mengikuti program Pendidikan Kesehatan Lifebuoy – suatu program pendidikan kesehatan pribadi terbesar yang pernah ada di dunia.
d) Pada tahun 2005, Lifebuoy dianugerahi “Citizen Brand” Indonesia sebagai pengakuan atas upaya yang telah dilakukan dalam hal pendidikan pencucian tangan.
e) Hampir separuh pemakai produk Lifebuoy adalah di daerah pedalaman Asia, tempat sebagian besar penduduk tinggal dengan penghasilan kurang dari US$ 1 sehari. (sumber: www.unilever.com pada tanggal 3 Oktober 2009)

Deretan produk yang dimiliki oleh Lifebuoy

Lifebuoy bar soap Lifebuoy clear skin Lifebuoy daily care Lifebuoy anti dandruff

Actifresh bodywash Mildcare bodywash Naturepure bodywash Totalprotect bodywash

Selain itu, sejak tahun 2004 di Indonesia pelawak taufik savalas menganjurkan mencuci tangan dengan sabun. Yang dijadikan sebagai slogan Lifebuoy dalam memberikan kesehatan dan kebersihan. Ada juga “Lifebuoy Super Dad” yang diartikan sebagai perjuangan seorang ayah dalam menjaga kesehatan dan kebersihan. Dalam fakta lainnya sabun kesehatan Lifebuoy dapat mengurangi diare di Asia dan Afrika dengan meningkatkan kebersihan. Sabun Lifebuoy juga sebagai nutrisi, kesehatan dan perawatan yang penting agar orang-orang merasa nyaman, berpenampilan baik, dan lebih menikmati kehidupan.

Kesimpulannya, sabun Lifebuoy mempunyai tujuan dalam memberikan solusi kebersihan dan kesehatan yang terjangkau dan mudah diperoleh sehingga orang dapat menjalani hidup tanpa rasa khawatir dengan kebersihan dan akibatnya terhadap kesehatan.

Referensi:
PT Unilever Indonesia. 2007. Meningkatkan Kesehatan dan Kebersihan Selama Lebih Dari 100 Tahun. Jakarta: global information visit unilever.com


NAMA : AGUS SURONO MATERI : HARGA
KELAS / NPM : 3EA03 / 10207062 MATA KULIAH : P. KONSUMEN

ANALISA HARGA HANDPHONE TERMURAH DENGAN KUALITAS YANG TIDAK KALAH BAGUSNYA

Dimana dalam harga saya mengambil judul tentang menganalisa harga handphone termurah dengan kualitas yang tidak kalah bagusnya. Handphone yang saya maksudkan adalah Nexian Nx-G900, hp dual on bisa facebook dan chatting serta sudah dilengkapi dengan menu khusus untuk koneksi ke facebook.

Didalam hp Nx-G900 yang tergolong murah ini, mirip dengan Blackberry / memiliki fitur yang sama dengan Blackberry. Nx-G900 yang trendi dan mewah kini menjadi hp murah yang best seller untuk saat ini. Handphone Nx-G900 tidak hanya menawan dalam tampilan saja, tetapi juga memiliki kemampuan untuk mendukung kegiatan chatting dan update status di facebook yang sedang trend saat ini dengan mudah. Produk ini menjadi persembahan bagi konsumen sebagai bukti bahwa Nexian Nx-G900 adalah pelopor dibidang ponsel lokal. Selain itu, ponsel ini juga dapat memuaskan anda yang ingin memiliki Blackberry dengan budget yang terbatas, sangat jauh dari harga Blackberry pada umumnya.

Bukan sekedar ponsel Duan on GSM yang trendy saja, Nexian Nx-G900 ini juga memiliki kemampuan untuk koneksi GPRS melalui dua kartu yang dipasangkan. Koneksi GPRS pun dapat langsung dilakukan karena sudah ada setting default untuk koneksi melaui jaringan XL. Bisa dikatakan handphone yang lengkap untuk ukuran hp yang murah. (Sumber: www.dataponsel.com tentang Harga Hp Termurah yang diterbitkan mulai tanggal 13 September 2009)

Bagi rekan-rekan yang suka chatting/ berfacebook ria, Nx-G900 sangat cocok buat anda. Kemudahan dalam melakukan koneksi GPRS dari Nx-G900 sangat mendukung kebutuhan chatting dan facebook konsumen. Terlebih untuk melakukan update status di facebook, karena sudah disediakan menu khusus. Demikian juga jika ingin melakukan chatting, sudah tersedia fasilitas eBuddy, chat melalui MSN, GTalk, Yahoo dan yang lainnnya dapat dilakukan dengan mudah. Selain itu, Nx-G900 memiliki desain Qwerty keypad yang mempermudah dalam pengetikan pesan, Hp tersebut benar-benar memanjakan anda yang gila online. (Sumber: www.dataponsel.com tentang Harga Hp Termurah yang diterbitkan mulai tanggal 13 September 2009)

Untuk harga jangan ditanya, disinilah salah satu kelebihan Nexian Nx-G900, dengan fasilitas wah dijual dengan harga murah. Nexian Nx-G900 yang serba bisa ini dijual hanya seharga Rp. 999.000 plus bonus senilai satu juta. Bonus tersebut berlaku untuk isi ulang ke 2 s/d ke 10 dengan pengisian minimal 10 ribu langsung mendapatkan 10 menit bicara, 10 sms dan 10 MB data. Sehingga ditotal, konsumen mendapatkan bonus senilai 1 juta plus nomor cantik dari XL. Maka dari itu buruan deh miliki handphone murah dengan fitur Blackberry ini untuk kepuasan anda yang selalu online, chatting, facebook dan browsing. (Sumber: www.dataponsel.com tentang Harga Hp Termurah yang diterbitkan mulai tanggal 13 September 2009)

Kesimpulannya, bahwa dalam memuaskan anda yang selalu online, chatting, facebook dan browsing tidak perlu membeli barang yang dapat mengeluarkan budget yang besar. Namun dengan memiliki hp Nexian Nx-G900 super murah anda dapat menikmati manfaatnya yang sama dengan hp sekelas blackberry lainnya.

Referensi:
Pratama tbk, PT. Excelcomindo. 2009. Harga Hp Termurah. Jakarta: www.theponsel.com


NAMA : AGUS SURONO MATERI : SEGMENTASI
KELAS / NPM : 3EA03 / 10207062 MATA KULIAH : P. KONSUMEN

1. Segmentasi manfaat untuk sabun mandi batangan
Manfaat Demografis Prilaku Psikografis
1. Ekonomi
Harga murah Keluarga Besar Pengguna Berat Orientasi Nilai Otonom
2. Kosmetik
Melembutkan kulit Laki-laki Pengguna Berat Style
3. Kesehatan
Menyegarkan badan Semua kalangan Pengguna Berat Lifestyle
4. Kenyamanan
Sangat nyaman Prempuan Pengguna Berat Lifestyle
5. Tahan lama Keluarga besar Pengguna berat Hemat

2. Segmentasi manfaat untuk sampo sachetan
Manfaat Demografis Prilaku Psikografis
1. Ekonomi
Harga murah Keluarga Besar Pengguna Berat Orientasi Nilai Otonom
2. Kosmetik
Memberikan kesegaran Prempuan Pengguna Berat Style
3. Kesehatan
Menghilangkan ketombe Laki-laki Pengguna Berat Style
4. Tahan Lama Keluarga besar Pengguna berat Hemat
5. Kenyamanan
Sangat nyaman Prempuan Pengguna Berat Lifestyle

3. Segmentasi manfaat untuk minuman suplemen
Manfaat Demografis Prilaku Psikografis
1. Ekonomi
Harga murah Keluarga Besar Pengguna Sedang Orientasi Nilai Otonom
2. Kesehatan
Penambah Tenaga Pria Pengguna Sedang Style
3. Rasa
Manis Laki-laki Pengguna Sedang Style
4. Penerimaan Masyarakat
Baik Semua kalangan Pengguna Sedang Style
5. Tahan Lama Keluarga besar Pengguna sedang Hemat

4. Segmentasi manfaat untuk parfum
Manfaat Demografis Prilaku Psikografis
1. Kosmetik
Memberikan wangi Keluarga Besar Pengguna Sedang Style
2. Tahan Lama Keluarga besar Pengguna sedang Hemat
3. Kenyamanan
Sangat nyaman Prempuan Pengguna sedang Lifestyle
4. Penerimaan Masyarakat
Baik Semua kalangan Pengguna Sedang Style
5. Warna Prempuan Pecinta warna Hedonistik

5. Segmentasi manfaat untuk bedak
Manfaat Demografis Prilaku Psikografis
1. Kosmetik
Memutihkan kulit Bayi Pengguna Berat Style
2. Kenyamanan
Sangat nyaman Prempuan Pengguna Berat Lifestyle
3. Penerimaan Masyarakat
Baik Prempuan Pengguna Berat Lifestyle
4. Tahan lama Prempuan Pengguna Berat Hemat
5. Warna Prempuan Pecinta warna Hedonistik


NAMA : AGUS SURONO MATERI : TOPIK
KELAS / NPM : 3EA03 / 10207062 MATA KULIAH : P. KONSUMEN

MOTIVASI DAN KEPRIBADIAN KONSUMEN

Dalam materi yang keempat saya mengambil judul mengenai motivasi dan kepribadian konsumen. Dimana motivasi digunakan untuk mendeskripsikan suatu dorongan, kebutuhan atau keinginan untuk melakukan sesuatu. Orang dapat termotivasi makan apabila sedang lapar, pergi ke mall hari ini, mendapatkan nilai IPS yang lebih baik semester ini, atau memperbaiki kondisi lingkungan hidup di sekitar rumah tinggal mereka. Dengan kata lain, kata motivasi dapat dikenakan pada perilaku dalam suatu ragam atau rentang situasi yang sangat luas.

Jika diketahui seseorang menggunakan konsep motivasi untuk memberikan suatu kecenderungan umum yang mendorong ke arah jenis tujuan tertentu. Dalam tulisan ini, motivasi sering di pandang sebagai karakteristik kepribadian yang relatif stabil. Sejumlah orang termotivasi untuk berprestasi, sebagian yang lain termotivasi untuk bergaul dengan orang lain dan mereka menyatakan motivasi ini dalam berbagai cara yang berbeda. Motivasi sebagai suatu karakteristik yang stabil merupakan konsep yang agak berbeda dari motivasi untuk melakukan sesuatu yang spesifik dalam situasi tertentu. Sebagai contoh, seseorang dapat dimotivasi untuk makan apabila telah cukup lapar (motivasi situsional), namun sejumlah orang umumnya lebih tertarik pada makanan daripada yang lain (motivasi sebagai suatu karakteristik pribadi atau motivasi kepribadian).

Hal ini tidak bermaksud untuk mengatakan bahwa motivasi situsional dan motivasi kepribadian tidak berhubungan. Motivasi sebagai sutu karakteristik pribadi (motivasi kepribadian) sebagian besar merupakan hasil dari sejarah seseorang (motivasi situsional). Lihat juga Motivasi Belajar dan Teori Atribusi. (sumber: motivasi dan teori kepribadian konsumen berdasarkan Maslow yang diterbitkan mulai tanggal 20 Mei 2008)

Sebagai contoh, anak-anak yang dipuji oleh orang tua dan guru mereka karena menunjukkan minat terhadap lingkungan di sekitar mereka, berhasil di sekolah, membaca cukup baik dan menikmati membaca, dan menemukan isi buku yang menarik dan berguna, mereka akan mengembangkan suatu cinta belajar sebagai suatu ciri kepribadian umum dan akan membaca serta belajar meskipun tidak ada seorangpun mendorong mereka untuk melakukan hal itu. Bagaimanapun juga, ciri kepribadian ini merupakan hasil sejarah panjang dari motivasi situsional untuk belajar membeli. (sumber dari McCombs, 1991)

Referensi:
McCombs.1991.Motivasi Situsional.Jakarta: global information visit teori motivasi.com
Maslow.2008.motivasi dan teori kepribadian konsumen.Jakarta: global information visit teori motivasi.com